Topic
Diskusi : Media Pemanfaatan
Lingkungan Sebagai Sumber Belajar dan Lembaga Perpustakaan Sebagai Media
Pembalajaran PAI.
Pemakalah
: Mareta Inayatur R (10411040) dan Diyah Ayu Wulandari (10411037)
Hasil
Diskusi :
Dari hasil diskusi yang dilakukan dengan
kedua pemakalah, presentasi para pemakalah sudah berjalan dengan baik dan semua
pertanyaan dari teman-teman bisa terjawab semuanya. Adapun beberapa pertanyaan
tersebut antara lain:
1. Tri
Mardiana Cahyani (10411008)
Apakah
media lingkungan sebagai sumber belajar sudah banyak berjalan disekolah-sekolah
sekarang ini? Dan apakah media ini efektif? Sebutkan pula materi apa yang cocok
untuk menggunakan media lingkungan beserta SK dan KD!
Jawab: Sudah banyak
sekolah-sekolah yang memanfaatkan media lingkungan sebagai sumber belajar,
seperti mata pelajaran PAI sendiri sudah banyak yang dilakukan diluar kelas
dengan cara memanfaatkan media ini sebagai sumber belajar. Media ini sangat
efektif apabila diterapkan dalam proses pembelajaran karena memberi nuansa dan
suasana yang berbeda dalam belajar sehingga siswa tidak jenuh dan bosan, media
ini membuat siswa tertarik untuk belajar, mengajak siswa melihat secara
langsung kejadian yang terjadi di lingkungan sekitar, dan bisa membuat guru
lebih kreatif dalam menyajikan pembelajaran diluar kelas. Misalkan saja guru
akan menyampaikan materi mengenai akhlak terpuji dalam masyarakat, dengan SK:
memahami fenomena social di masyarakat terkait dengan akhlak terpuji, dan KD:
mengamati akhlak terpuji yang dilakukan oleh masyarakat. Dengan materi tersebut
maka siswa diajak untuk mengamati lingkungan sekitar sehingga siswa lebih bisa
mendalami makna akhlak terpuji tersebut.
2. Suprapti
Wulaningsih (10411043)
Factor
apa saja yang membuat perpustakaan disekolah-sekolah sekarang ini masih kurang
diminati para siswa? Bagaimana
mengoptimalkan media perpustakaan? Bagaimana proses pembelajaran yang
cocok dirancang guru dengan menggunakan media perpustakaan jelaskan SK dan KD!
Jawab:
Ada beberapa factor perpustakaan kurang diminati siswa antara lain:
a. Kurangnya
layanan diperpustakaan.
b. Kurangnya
publikasi tentang perpustakaan kepada siswa.
c. Kurangnya
kesadaran minat baca siswa.
Dari
beberapa factor tersebut, maka cara mengoptimalkan media perpustakaan ini yaitu
dengan cara memperhatikan pelayanan kepada siswa seperti petugas perpustakaan
ramah, sopan, murah senyum dan komunikatif sehingga siswa tidah merasa takut
untuk datang keperpustakaan, menyediakan fasilitas yang memadai dan
menciptakaan suasana perpustakaan yang sejuk, nyaman, tidak gaduh, dan bersih,
serta memberikan fasilitas pendukung lainnya sehingga minat baca siswa menjadi
tinggi. Misalnya guru akan menyampaikan materi tentang Tauhid dan Al-quran maka
SK: memahami Kitab-kitab dan ayat-ayat yang mendukung. KD: mampu menjelaskan
makna yang tertulis dalam kitab kuning. Dengan adanya tugas-tugas untuk mencari
kitab diperpustakaan maka siswa akan mendatangi perpustakaan dan apabila telah
terbiasa akan menumbuhkan kesadaran minat baca siswa.
3. Pegas
Sunja Dewi (10411013)
Apa
kendala yang dihadapi dalam pemanfaatan media lingkungan sebagai sumber belajar
dan lembaga perpustakaan?
Jawab: Untuk kendala media
lingkungan sebagai sumber belajar biasanya waktu pembelajara kurang sehingga
harus mengambil waktu diluar jam pelajaran, guru terkadang kurang kreatif dan
cenderung malas, siswa juga kadang kurang antusias.
Kendala untuk media perpustakaan
yaitu buku-buku yang disediakan di perpustakaan terbatas dan sedikit, siswa
kadang malas untuk mencari buku, petugas perpustakaan yang tidak ramah, dan
lain-lain.
kunjungi juga mediatani.com untuk tambah pengetahuan bercocok tanam
BalasHapus