Topik Diskusi : Laboratorium Agama
Pemakalah : Jamaludin
(10411035)
Hasil diskusi :
Hasil presentasi yang disampaikan oleh
Jamaludin mengenai Laboratorium Agama sudah berjalan dengan baik dan efektif.
Pemakalah menjelaskan makalahnya secara jelas. Dari diskusi kelompok kecil
tersebut, ada beberapa pertanyaan dari teman-teman mengenai topik ini
diantaranya yaitu:
1. Tita
Prawesti (10411034)
Bagaimana
cara mengoptimalkan laboratorium agama sebagai tempat pembelajaran?
Jawab:
pengoptimalan laboratorium agama sebagai tempat belajar dengan cara pemenuhan
fasilitas-fasilitas didalamnya seperti di dalam majid disediakan kitab-kitab
sehingga bisa untuk mendalami materi, penugasan kepada takhmir masjid untuk
disiplin menjalankan tugas dan lebih menjaga kebersihan lingkungan masjid
sehingga masjid bisa dijadikan tempat pembelajaran.
2. Ahmad
Assidiq Mubarok (10411012)
Bagaimana
tentang fakta di kampus bahwa laboratorium agama dijadikan tempat makan dan
nongkrong? Bagaimana tanggapan pemakalah, Apakah penggunaan laboratorium agama
sudah efektif?
Jawab:
itu kan tempat makan hanya di samping masjid, apabila tidak mengganggu fungsi
dan peran dari masjid sendiri itu tidak masalah. Tetapi alangkah baiknya
apabila masjid itu sebagai tempat diskusi, mengaji, beribadah. Namun dengan
adanya tempat makan kita sebagai guru juga bisa menjelaskan adab dan tata krama
makan dan minum yang benar. Menurut pemakalah tetap efekti penggunaan
laboratorium agama selagi tempat tersebut tidak mengganggu suasana masjid.
3. Satria
Karimul Qolbi (10411023)
Apakah
laboratorium agama hanya masjid saja? Dan apakah masjid cocok untuk proses
pembelajaran?
Jawab:
iya laboratorium agama salah satunya itu masjid, menurut pemakalah masjid cocok
untuk proses kegiatan pembelajaran karena di masjid lebih luas tempatnya dan
membuat suasana berbeda dari pada didalam kelas dan monoton. Di masjid siswa
bisa diajarkan secara langsung dan mempraktekkan berbagai pelajaran seperti
praktek wudhu, praktek sholat jenazah, praktek adzan, dan lain-lain.
4. Tri
Mardiana Cahyani (10411008)
Penggunaan
laboratorium agama cocok digunakan untuk jenjang apa? Bagaimana kalau disekolah
tersebut tidak ada laboratorium agama? Berikan alasannya!
Jawab:
penggunaan laboratorium agama cocok untuk proses pembelajaran di semua jenjang,
bahkan anak harus dikenalkan dengan masjid sedini mungkin sehingga anak
tersebut bisa menyukai masjid dan selalu ingin berkunjung ke masjid untuk
beribadah, mengaji, dan menuntut ilmu. Jadi pada semua jenjang bisa diterapkan
dengan menggunakan media ini. Apabila sekolah tidak memiliki masjid, guru bisa
membawa siswa menuju masjid paling dekat, atau bisa belajar di luar jam belajar
seperti halnya mengunjungi masjid yang bersejarah dikotanya sehingga siswa
lebih tertarik dan semangat dalam belajar.
Casinos Near Casinos Near by Greyhound - Mapyro
BalasHapusCasinos Near Casinos Near Casinos. Find 나주 출장마사지 your 양산 출장안마 nearest Casinos 아산 출장안마 near by 구리 출장마사지 Greyhound, Greyhound, Greyhound, 남양주 출장안마 Greyhound, Greyhound.