Judul Diskusi : Media Pembelajaran E-Learning
Pemakalah : Moh. Wifaqul Idaini (10411009)
Hasil Diskusi :
Hasil
diskusi mengenai Media Pembelajaran E-Learning yang di presentasikan oleh Moh.
Wifaqul Idaini sebagai pemakalah, ada beberapa pertanyaan yang dikemukakan oleh
teman-teman anggota diskusi. Pertanyaan-pertanyaan tersebut secara keseluruhan
sudah mampu dijawab dengan baik oleh pemakalah, namun ada beberapa yang belum
terjawab karena keterbatasan waktu dalam berdiskusi. Berbagai
pertanyaan-pertanyaan itu antara lain:
1. Bagaimana
teknik evaluasi terhadap siswa dalam penggunaan e-learning pada proses pembelajaran?
Oleh Eman Roheman (10411003)
Jawab: Teknik penilaian atau
evaluasi pada siswa bisa dengan cara menjawab online dimana guru telah
memberikan soal-soal melalui e-learning kemudian siswa bisa menjawab secara
online dengan menjelaskan petunjuk cara menjawabnya kepadda siswa dan diberi
batasan waktu dalam menjawab sehingga memungkinkan siswa tidak ada kesempatan
untuk bertanya atau mencontek jawaban teman.
2. Bagaimana
cara mengatasi berbagai kelemahan dari penggunaan e-learning itu sendiri? Oleh
Imalia Yoni (10411019)
Jawab: Mengatasi kelemahan
penggunaan e-learning yaitu dengan cara mempersiapkan semua komponen yang
dibutuhkan dan disesuaikan untuk media tersebut. Contohnya: materi harus sesuai
dengan tingkat pengetahuan siswa, mudah diakses siswa, dan disediakan forum
diskusi secara online.
3. Apakah
dengan penggunaan e-learning dalam pembelajaran mampu menghubungkan ranah
afektif dan psikomotorik pada siswa? Oleh Diyah Ayu Wulandari (10411038)
Jawab: Bisa dengan cara
melalui diskusi online karena pembelajaran e-learning tidak sepenuhnya online
namun bisa melalui tatap muka dan learning by doing incidental learning, jadi
guru masih tetap bisa menilai siswa melalui berbagai aspek afektif dan
psikomotorik.
4. Tinjauan
sekolah mana yang telah menerapkan system pembelajaran e-learning? Sebutkan!
Oleh Satria Karimul Qolbi (10411023)
Jawab: Banyak sekolah
di Jogja yang telah menggunakan e-lerning dalam pembelajaran, seperti
sekolah-sekolah yang bertaraf internasional.
5. Nilai
karakter apa sajakah yang bisa diambil dan dinilai pada siswa dalam
pembelajaran e-learning? Oleh Tita Prawesti (10411034)
Jawab: Banyak karakter yang dapat
dinilai seperti karakter disiplin, tanggung jawab, mandiri, kejujuran dll.
Contohnya aspek disiplin dengan cara harus mengumpulkan tugas dikirim via
e-mail tepat waktu, aspek kejujuran dengan cara menjawab soal tidak boleh
mencontek jawaban teman dan apabila ditemukan plagiasi hasil pekerjaan tidak
mendapat nilai.
6. Penggunaan
e-learning paling efektif diterapkan untuk jenjang sekolah apa? Jelaskan menurut
pemakalah! Oleh Tri Mardiana Cahyani (10411008)
Jawab: E-learning efektif digunakan
mulai jenjang SMP sampai dengan Perkuliahan karena siswa sudah mampu dan bisa
menggunakan internet untuk mengakses E-learning.
7. Apakah
sekarang ini penggunaan e-learning sudah efektif? Jelaskan! Oleh Suprati
Wulaningsih (10411043)
Jawab: Belum efektif
karena beberapa factor mulai dari siswa yang tidak bisa menggunakan internet,
dan terkadang ada kendala dari admin yang membuatnya sehingga kurang bisa
berjalan efektif.
8. Bagaimana
cara meminimalisir dampak dari kelemahan e-learning yang memiliki kecenderungan
mengabaikan akademik atau aspek social?
Jawab:
Belum terjawab karena waktu diskusi habis.
9. Mengapa
e-learning mampu mengubah siswa dari pasif menjadi aktif? Oleh Diah Arum
Ratnawati (10411017)
Jawab: Belum
terjawab karena waktu diskusi habis.





























The best casino site you can play at in 2020
BalasHapusWe have a selection of online slots. Our software is certified by the Malta luckyclub Gaming Authority, which guarantees that there is a safe and secure online