hasil diskusi laboratorium agama

  • Diposting oleh Tri Mardiana Cahyani
  • di 07.17 -
  • 1 komentar



HASIL DISKUSI KELOMPOK 3

Topik Diskusi  : Laboratorium Agama
Pemakalah       : Jamaludin      (10411035)
Hasil diskusi    :
Hasil presentasi yang disampaikan oleh Jamaludin mengenai Laboratorium Agama sudah berjalan dengan baik dan efektif. Pemakalah menjelaskan makalahnya secara jelas. Dari diskusi kelompok kecil tersebut, ada beberapa pertanyaan dari teman-teman mengenai topik ini diantaranya yaitu:
1.      Tita Prawesti   (10411034)
Bagaimana cara mengoptimalkan laboratorium agama sebagai tempat pembelajaran?
Jawab: pengoptimalan laboratorium agama sebagai tempat belajar dengan cara pemenuhan fasilitas-fasilitas didalamnya seperti di dalam majid disediakan kitab-kitab sehingga bisa untuk mendalami materi, penugasan kepada takhmir masjid untuk disiplin menjalankan tugas dan lebih menjaga kebersihan lingkungan masjid sehingga masjid bisa dijadikan tempat pembelajaran.
2.      Ahmad Assidiq Mubarok (10411012)
Bagaimana tentang fakta di kampus bahwa laboratorium agama dijadikan tempat makan dan nongkrong? Bagaimana tanggapan pemakalah, Apakah penggunaan laboratorium agama sudah efektif?
Jawab: itu kan tempat makan hanya di samping masjid, apabila tidak mengganggu fungsi dan peran dari masjid sendiri itu tidak masalah. Tetapi alangkah baiknya apabila masjid itu sebagai tempat diskusi, mengaji, beribadah. Namun dengan adanya tempat makan kita sebagai guru juga bisa menjelaskan adab dan tata krama makan dan minum yang benar. Menurut pemakalah tetap efekti penggunaan laboratorium agama selagi tempat tersebut tidak mengganggu suasana masjid.
3.      Satria Karimul Qolbi (10411023)
Apakah laboratorium agama hanya masjid saja? Dan apakah masjid cocok untuk proses pembelajaran?
Jawab: iya laboratorium agama salah satunya itu masjid, menurut pemakalah masjid cocok untuk proses kegiatan pembelajaran karena di masjid lebih luas tempatnya dan membuat suasana berbeda dari pada didalam kelas dan monoton. Di masjid siswa bisa diajarkan secara langsung dan mempraktekkan berbagai pelajaran seperti praktek wudhu, praktek sholat jenazah, praktek adzan, dan lain-lain.
4.      Tri Mardiana Cahyani (10411008)
Penggunaan laboratorium agama cocok digunakan untuk jenjang apa? Bagaimana kalau disekolah tersebut tidak ada laboratorium agama? Berikan alasannya!
Jawab: penggunaan laboratorium agama cocok untuk proses pembelajaran di semua jenjang, bahkan anak harus dikenalkan dengan masjid sedini mungkin sehingga anak tersebut bisa menyukai masjid dan selalu ingin berkunjung ke masjid untuk beribadah, mengaji, dan menuntut ilmu. Jadi pada semua jenjang bisa diterapkan dengan menggunakan media ini. Apabila sekolah tidak memiliki masjid, guru bisa membawa siswa menuju masjid paling dekat, atau bisa belajar di luar jam belajar seperti halnya mengunjungi masjid yang bersejarah dikotanya sehingga siswa lebih tertarik dan semangat dalam belajar.

Author

Written by Admin

Aliquam molestie ligula vitae nunc lobortis dictum varius tellus porttitor. Suspendisse vehicula diam a ligula malesuada a pellentesque turpis facilisis. Vestibulum a urna elit. Nulla bibendum dolor suscipit tortor euismod eu laoreet odio facilisis.

1 komentar:

  1. Casinos Near Casinos Near by Greyhound - Mapyro
    Casinos Near Casinos Near Casinos. Find 나주 출장마사지 your 양산 출장안마 nearest Casinos 아산 출장안마 near by 구리 출장마사지 Greyhound, Greyhound, Greyhound, 남양주 출장안마 Greyhound, Greyhound.

    BalasHapus

media powerpoint